Selasa, 20 Maret 2012

7 PLUGIN WORDPRESS PILIHAN

Bicara mengenai WordPress maka tidak lepas dari plugin-plugin yang menyertainya. Ada ratusan bahkan mungkin ribuan plugin yang disediakan di internet. Plugin membuat WordPress terus berkembang bersama ide-ide kreatif yang membuatnya seolah memiliki fitur tanpa batas. Namun semakin banyak plugin dengan fungsi serupa maupun tidak serupa membuat kita akhirnya bingung, bingung memilih plugin yang mana yang sebetulnya sangat dibutuhkan? Plugin yang mana yang seharusnya dipilih dari sekian banyak plugin dengan fungsi serupa? Di satu sisi, blog membutuhkan plugin untuk membuatnya menjadi lebih baik, namun disisi lain blog yang menggunakan banyak plugin akan mengalami penurunan performance. Lalu bagaimana? Kali ini saya mencoba menulis 7 plugin WordPress yang mungkin paling penting untuk digunakan .
  1. OneClick Install
    Plugin ini berfungsi menggantikan FTP client yang biasa kita gunakan untuk mengupload atau menghapus plugin atau themes. Tetapi ada kelebihan dari plugin ini yaitu upload yang bisa dalam bentuk zip, sehingga upload tidak dilakukan per-file (mirip dengan webftp). Selain itu, OneClick Installer juga bisa menghapus plugin atau themes yang memang ingin kita hapus berikut directory-nya. Nah, jadi plugin ini sangat cocok untuk mereka yang senang bongkar pasang plugin atau themes :)
  2. Advanced-Admin-Menus
    Adakalanya menu admin WordPress membuat kita capek menunggu. Plugin ini membuat menu admin WordPress menjadi pulldown sehingga akses ke setiap submenu menjadi jauh lebih singkat dan cepat.
  3. WP-Cache WP-Super Cache
    Nah, ini merupakan salah satu plugin yang bisa dikatakan paling penting dari plugin-plugin lainnya. Plugin ini meningkatkan performance blog secara signifikan.
    Update: Gara-gara mengejar performance di bedeng.com yang saat ini saya jadikan layanan blog tanpa biaya, saya akhirnya menemukan bahwa WP-Super Cache jauh lebh ampuh dibandingkan WP-Cache.
    Catatan: Saya melakukan installasi plugin ini pada hosting Dreamhost tanpa ada masalah sedikit pun, tetapi saya selalu gagal melakukan installasi di hosting saya yang sebelunya :(
  4. Spam Karma 2
    Salah satu ancaman dari ketenaran blog yang Anda miliki adalah serbuan spam yang jumlahnya bisa sangat luar biasa. Sebetulnya WordPress sudah menyediakan plugin Akismet untuk mengatasi hal ini. Namun sangat disayangkan berdasarkan pengalaman, plugin ini sering melakukan kesalahan prosedure dalam menangkap spam :( Untunglah ada plugin Spam Karma 2 yang bertugas sangat baik. Sejak digunakan pada blog ini sekitar 2.5 tahun yang lalu, plugin ini melakuka kesalahan prosedur penangkapan spam dalam jumlah yang bisa dihitung dengan jari :) Jadi silakan untuk meng-deaktif-kan Akismet dan install serta aktifkan Spam Karma 2.
  5. WP-DBManager
    Kecepatan sebuah blog bukan hanya ditentukan oleh optimasi dari script-nya, atau hostingnya, tetapi juga oleh databasenya sebagai wadah dimana isi blog disimpan. WP-DBManager, selain bisa digunakan untuk melakukan backup database, juga memiliki fitur untuk melakukan optimasi database dengan sangat mudah. Lakukanlah optimasi ini secara berkala agar database bisa bekerja optimal.
  6. All in One SEO Pack Headspace2
    Plugin ini sebenarnya tidak penting kecuali pemilik blog sangat memperhatikan nasib dari keberadaan posting-postingnya di search engine :)
    Update: Thanks buat ekowanz yang telah share plugin ini melalui komentar dibawah :) Ternyata Headspace2 bener maknyus :d
  7. Challenge
    Nah, yang ini sebenarnya sudah tidak terlalu diperlukan lagi jika telah menggunakan Spam Karma 2 … kecuali … serangan spam pada blog yang Anda miliki sudah benar-benar keterlaluan sehingga Spam Karma 2 pun kelimpungan seperti yang sedang saya alami saat ini :(( Mengapa saya memilih plugin ini diantara banyak plugin sejenis? Alasannya adalah kesederhanaannya dalam menangkal spam :)

Baik, 7 saja dulu, yang lain boleh dipasang sebagai variasi :)
Atau ada yang mau menambahkan menjadi 8 atau lebih? Silakan :)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India