Minggu, 25 Januari 2015

Form Online

Cara membuat form konfirmasi pembayaran pada toko online

Dalam sebuah toko online, ada beberapa menu yang diperlukan untuk mendukung layanan dan kinerja toko online kita. Menu-menu tersebut secara standar terdiri dari menu profil, produk, contact, pemesanan atau pembayaran, faq dan demo. Menu profil biasanya berisi tentang informasi toko online kita. Lalu menu produk, Menu produk biasanya berisi gambar dan informasi produk produk yang ingin kita jual atau tawarkan kepada konsumen. Selanjutnya menu contact,  Menu contact biasanya berisi nomor telepon atau handphone, alamat perusahaan ,email,  jejaring sosial dan chat. Setelah itu, Menu Pemesanan atau pemabayaran biasanya berisi formulir pemesanan yang disertai dengan langkah-langkahnya dan cara pembayarannya. Setelah menu pemesanan dan pembayaran adalah Menu Faq, yaitu menu yang biasanya berisi pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan oleh calon pembeli beserta jawabannya dari pemilik toko online. Terakhir adalah menu demo, disini kita bisa menampilakan contoh dari produk kita, biasanya berbentuk gambar atau video.
Dari konten menu yang sudah dijelaskan diatas, biasanya untuk newbie atau pemula yang baru saja membuka toko online, mereka masih belum mengerti tentang bisnis toko online, khususnya dalam hal teknis. Bagi pemula yang kemungkinan dinilai sulit dalam membuat konten menu adalah pada menu pemesanan dan pembayaran. Menu ini dirasa sulit karena ini merupakan inti dimana calon pembeli dapat memesan sesuai dengan kriteria yang mereka inginkan dan kita dapat melakukan konfirmasi pembayaran sehingga proses transaksi bisa berjalan denganlancar. Terkadang mereka yang masih pemula lebih memilih cara-cara manual dengan sekedar mencantumkan nomor handphone/telepon atau alamat email, sehingga proses transaksi bisa lebih lama. Oleh karena itu artikel ini dibuat untuk membantu kita dalam membuat formulir konfirmasi pembayaran agar proses transaksi menjadi lebih mudah dan cepat.
Ada berbagai situs web yang menyediakan pembuatan form. Kita bisa menggunakan salah satu diantaranya. Situs webnya adalah sebagai berikut:
  1. Googledoc
f1
Form ini meupakan fasilitas yang disediakan oleh google di www.docs.google.com.  Fasilitas ini sangat sesuai untuk penjual yang masih pemula dan produknya sedikit karena fasilitas ini sangat sederhana dan mudah dibuat.
  1. FormSmarts
f2
FormSmart (www.formsmarts.com)  dalah layanan web yang dapat digunakan untuk membuat formulir, mempublikasikannya secara online dan mendapatkan hasil  dari bentuk yang diinginkan. Berberapa kelebihannya adalah simpel, fleksibel, mudah dan didukung dengan intergrasi ke situs-situs lain. jadi form ini selain bisa untuk membuat formulir konfirmasi pembayaran juga bisa untuk marketing online misalnya di forum atau jejaring sosial.
  1. Wufoo
f3
Wufoo (www.wufoo.com) adalah sebuah aplikasi web yang membantu orang membangun formulir online. Bila kita merancang formulir dengan Wufoo, secara otomatis membangun database, backend dan skrip yang dibutuhkan untuk membuat, mengumpulkan dan memahami data kita dengan mudah dan cepat. fasilitas Wufoo menyediakan background dengan berbagai macam warna dan gambar, sehingga formulirnya bisa dikreasi sesuai dengan tampilan pada toko online kita.
  1. Zoho
f4
 
Zoho (www.zoho.com) adalah layanan web yang menyediakan pembuatan database online dengan cepat. Beberapa keunggulannya adalah menggunakan cara drag and drop, otomatisasi proses bisnis dengan modifikasi alur kerja, pengumpulan data, analisis dan laporan, serta email pemberitahuan dan jadwal tugas.
  1. Email Me Form
f5
Email Me Form (www.emailmeform.com) adalah HTML pembangun formulir online secara gratis dan mudah untuk  membantu kita membuat formulir web dan survei. Selain bisa untuk membuat form konfirmasi pembayaran, Email Me Form juga menyediakan modifikasi design untuk fasilitas form survei, form contact dan form pendaftaran. Fitur-fiturnya cukup lengakap dan tersedia sampel template form yang bisa kita gunakan.
  1. Jot Form
f6
Langkah-langkah untuk membuat form pembayaran dengan menggunakan jot Form untuk toko online adalah sebagai berikut:
  1. Membuka web jotform di http://www.jotform.me/
  2. Bila sudah pernah mendaftar klik log in, bila belum pernah mendaftar klik sign up.
  3. Pilih payment tool sesuai dengan alat pembayaran yang ingin kita gunakan.
f7
  1. Lalu drag and drop ke kolom sebelah kanan. Misal kita pilih paypal, maka akan muncul dalam tampilan sebagai berikut:
f8
  1. Isilah data-data pada acount information lalu klik next. Maka akan muncul tampilan sebagai berikut:
f9
  1. Setelah data-data diisi lalu klik next.
  2. Terakhir adalah mengisi produk serta alamat email lalu simpan.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India