Kamis, 20 November 2014

Template Blog SEO Friendly versi Mas Sugeng

(sumber: mas-sugeng.com) Melanjutkan postingan tentang bagaimana cara memaksimalkan SEO di Blogger, kali ini saya ingin mencoba membahas secara khusus tentang Template Blog SEO Friendly. Bagi yang belum sempat membaca postingan saya sebelumnya, silakan bisa dibaca dulu DI SINI.

Sebelum dilanjutkan, saya ingin meminta maaf terlebih dahulu jika mungkin postingan ini agak telat saya publikasikan. Harap maklum akhir-akhir ini saya mendapat cukup banyak masalah baik online maupun offline yang membuat saya benar-benar tidak bisa fokus.

Bicara tentang template seo friendly sebenernya sudah banyak blogger yang membahas sebelumnya. Hampir setiap blogger memiliki pandangan yang sama terhadap template SEO friendly. Tapi di sini saya ingin mecoba mengulasnya secara lebih rinci sesuai dengan apa yang saya ketahui.

Seperti bagaimanakah sebuah template bisa dikatakan SEO Friendly? Di bawah ini adalah jawabannya :

1. Title Tag
Hal pertama yang perlu sobat perhatikan saat mencari template yang bagus adalah struktur Title tag, karena Title tag adalah faktor SEO on page terpenting kedua setelah konten atau artikel pada sebuah blog. Pertanyaannya, seperti apakah title tag yang bagus itu?

Seperti yang sobat mungkin sudah tahu, template default dari blogger memiliki struktur title seperti ini:

"Judul Blog: Judul Postingan"

Struktur title tersebut bisa dibilang kurang bagus untuk SEO karena jika blog kita memilki judul blog yang panjang maka akan menjadi kurang optimal karena google hanya akan menampilkan sekitar 70 karakter pada hasil pencarian. Jika untuk judul blog saja sudah lumayan panjang maka otomatis untuk judul postingan menjadi terpotong.

Template Blog SEO Friendly

Jadi pastikan jika sobat memilih template memiliki struktur title yang kurang lebih seperti ini:

"Judul Postingan - Judul Blog"

atau:

"Judul Postingan | Judul Blog"

atau:

"Judul Postingan : Judul Blog"

Khusus untuk tanda pemisah sejauh yang saya ketahui tidak ada perbedaan antara " - " " | " dan " : " Google akan melihatnya sama.

2. Tag Heading
Faktor kedua setelah Title tag adalah Tag heading. Ada banyak macam tag heading, dari H1, H2, H3, sampai H6, namun tidak semua Tag heading penting keberadaanya, tag H1 adalah salah satu yang paling penting. Template yang bagus seharusnya memiliki tag H1 di semua halaman, baik itu homepage, postingan, dan juga halaman statis. Selain itu juga tidak boleh terdapat duplikat tag H1.

Template Blog SEO Friendly

Tag H1 pada umumnya digunakan pada bagian judul blog, namun banyak beberapa template blogspot yang telah dimodifikasi agar tag H1 tampil secara dinamis. Ketika pada homepage tag H1 terletak pada judul blog, sedangkan ketika berada pada halaman postingan tag H1 terletak pada judul postingan. Tujuan modifikasi ini adalah untuk mengoptimalkan judul postingan pada hasil pencarian google.

Terus bagaimana dengan tag heading yang lainnya gan? Sejauh yang saya tahu ada tiga tag heading yang cukup berpengaruh peranannya terhadap SEO onpage. Yang pertama adalah tag H1 seperti yang sudah dijelaskan di atas dan selanjutnya adalah itu tag H2 dan H3.

Menurut saya tag H2 dan H3 peranannya tidak sepenting tag H1, tapi akan sangat bagus jika sobat memanfaatkannya untuk meletakan keyword pada tag tersebut agar semakin maksimal.

Contoh sederhanya penggunaan tag heading ini untuk memaksimalkan kata kunci bisa sobat lihat di template yang saya pakai ini:

Template Blog SEO


3. Meta Deskripsi
Sebelum blogger mengeluarkan fitur untuk memasukan meta deskripsi secara manual, dulu banyak sekali template-template yang telah dimodifikasi agar dapat menampilan meta deskripsi secara otomatis. Menurut saya untuk saat ini meta deskripsi otomatis seperti itu sudah tidak perlu digunakan lagi. Jadi template yang bagus sebaiknya tidak memiliki meta deskripsi otomatis agar kita bisa memanfaatkan fitur meta deskripsi yang sudah disediakan oleh blogger.

Meta Deskripsi Blogger


Kelemahan meta deskripsi otomatis adalah deskripsi yang dihasilkan menjadi tidak unik dan terkesan hanya ditujuakan untuk mesin pencari. Sedangkan jika menggunakan fitur meta deskripsi dari blogger kita bisa memasukan deskripsi sesuai keinginan.

4. Meta Tag "Anti Duplicate Content"
Istilah Meta Tag Anti Duplicate Content sebenarnya hanyalah karangan saya sendiri. Kode meta tag ini sebenarnya hanya sebuah kode meta tag robots seperti pada umumnya, cuma kode ini diatur menggunakan tag conditional blogspot untuk mencegah beberapa halaman tidak penting di blogspot terindex oleh mesin pencari.

Kode ini adalah hasil experimen saya dulu ketika sedang mencari solusi untuk mencegah duplikat konten di blogspot dan kode ini sudah terbukti bekerja sangat baik. Pada waktu itu masih belum banyak template-template yang menggunakan kode seperti ini, sobat hanya akan menemukannya pada template-template buatan saya. Tapi saya lihat untuk saat ini sudah mulai banyak yang menggunakannya.

Untuk informasi lebih jelas tentang kode meta tag ini sobat bisa baca postingan saya dulu yang berjudul Cara Mengatasi Duplikat Konten di Blogspot.

5. Loading Cepat

"The web should be fast. " Google, Inc.
Tujuan utama mesin pencari Google adalah memberikan pengalaman terbaik bagi para penggunanya. Salah satu yang menjadi perhatian adalah kecepatan loading sebuah web ataupun blog. Tentu saja google tidak ingin menampilkan blog-blog dengan loading super berat pada bagian paling atas hasil pencarian. Jadi jika sobat memilih template usahakan untuk tidak menggunakan template dengan loading yang berat.

6. Navigasi Mudah
Masih berkaitan dengan kecepatan loading, yaitu tentang user experience, selanjutnya adalah navigasi yang mudah. Navigasi yang mudah yang saya maksud di sini adalah template yang dapat memudahkan mesin pencari dan juga pengujung menjelajahi isi dari blog kita.

Ciri-ciri template yang seperti ini adalah memilki menu navigasi, widget related post, breadcrumbs, search box, dll.

7. Layout
Layout atau tata letak juga menjadi salah satu faktor sebuah template SEO Friendly. Ah masa sih bro? pasti ngibul nih? Maaf saya nggak ngibul, karena algoritma google yang khusus untuk menangani masalah tata letak halaman memang benar-benar ada. Sobat bisa membaca informasi lebih lengkapnya DI SINI.

Berikut adalah contoh sederhana tata letak template yang bagus versus yang jelek untuk SEO:

template SEO Friendly

Intinya adalah untuk mengutamakan konten agar mudah dilihat oleh pengunjung.

8. Alt Atribut
Hal berikutnya yang juga menjadi faktor adalah atribute alt pada gambar. Gambar yang dimaksud di sini bukan gambar background atau icon, namun gambar seperti pada bagian thumbnail. Beberapa template yang menggunkan thumbnail secara otomatis saya lihat banyak yang tidak memilki alt atribute, padahal atribute alt sangat penting keberadaanya pada sebuah gambar.

Blog SEO Friendly

9. Tombol Berbagi
Yang terkahir adalah tombol berbagi. Tidak bisa dipungkiri lagi saat ini yang namanya Social Media sudah menjadi salah satu faktor SEO pada sebuah web ataupun blog. Jadi tombol berbagi sangatlah penting keberadaanya pada sebuah template.

Begitulah kira-kira ciri-ciri template blog SEO friendly versi Mas Sugeng. Silakan jika mungkin sobat ingin menambahkan sesuai dengan pengetahuan SEO sobat, atau ingin mengoreksi yang ada di atas, karena mungkin ada yang salah. Monggo.

Oh ya, bagi sobat yang bingung mencari template blogger yang keren dan SEO friendly, silakan bisa mengintip koleksi template milik saya di www.evotemplates.net