Jumat, 13 April 2012

Berbagai software gratis Tweaking Windows

Tweaking Windows atau mengaktifkan fitur-fitur atau setting tersembunyi windows merupakan suatu hal yang menarik untuk dilakukan. Meskipun bisa dilakukan secara manual misalnya dengan mengedit Registry, tetapi mungkin tidak bisa dilakukan semua orang. Untungnya kini sudah banyak software gratis untuk tweaking windows.

Berikut koleksi berbagai software gratis yang menyediakan berbagai fitur untuk tweaking windows.

TweakNow PowerPack 2012

Merupakan software buatan tweaknow.com yang menyediakan berbagai fitur tweaking dan optimasi windows. Fitur yang disertakan sangat banyak dan masih di update sampai saat ini. Menyediakan fitur tweaking windows umum, Cleaner, Analisa penggunaan hardisk, registry cleaner, RAM optimizer, system information dan lainnya.

TweakNow PowerPack lebih lengkap dari TweakNow WinSecret yang pernah saya ulas sebelumnya. PRogram ini mendukung Windows XP, Vista, 7 dan Windows 8
Kunjungi halaman download TweakNow PowerPack 2012 ( 9.1 MB)

Ultimate Windows Tweaker

Ini mungkin merupakan program dengan ukuran yang paling kecil dan portable. Hanya dengan satu file exe yang berukuran sekitar 345 KB, Ultimate Windows Tweaker menyediakan berbagai fitur tweaking windows mulai dari sistem informasi, user account, performa, security setting, jaringan, dan berbagai tweaking lainnya ( total sekitar 150 tweaking windows).

Mendukung Windows Vista dan Windows 7 saja. Informasi selengkapnya bisa membaca ulasan saya sebelumya tentang Ultimate Windows Tweaker

X-Setup Pro

Software tweaking ini sebelumnya merupakan software berbayar, tetapi kini sudah menjadi freeware atau gratis. Mempunyai fitur tweaking windows yang sangat banyak, dan mungkin yang paling lengkap karena menyertakan lebih dari 1800 tweaking windows. Sayangnya software ini sudah cukup lama tidak di update sejak windows 7. Tetapi bagi pengguna windows XP, program ini patut menjadi pilihan.

Selain versi installer, tersedia juga versi Portable. MEndukung Windows 9x/NT/2000/XP dan Vista ( dari sumber lain juga dikatakan mendukung windows 7). Informasi selengkapnya bisa melihat X-Setup Pro

RegToy

Seperti halnya X-Setup, RegToy merupakan software tweaking windows yang menyediakan banyak fitur tweaking. Selain versi installer, tersedia jug versi portable. Tidak hanya tweaking tampilan dan performa windows, berbagai fitur juga disertakan didalamnya semisal optimasi hardware, security, startup manager, service manager, uninstall, registry cleaner & backup, clean disk dan lainnya.

Sayangnya software ini sudah agak lama tidak diupdate lagi, sehingga sepertinya belum mendukung windows 7. Tetapi bagi pengguna windows XP dan Vista bisa menjadi alternatif software tweaking. Kunjungi halaman download RegToy ( Versi portable 2.18 MB dan INstaller 1.63 MB)

Advanced System Tweaker

Software ini bisa dikatakan yang paling baru, karena versi 1.00 baru saja di rilis beberapa hari yang lalu. Advanced System Tweaker merupakan salah satu software gratis buatan Tweaking.com yang mempunyai berbagai fitur tweaking windows, seperti Maintenance (perawatan windows), Optimasi kecepatan dan ulitily perbaikan error atau permasalahan windows lainnya.

Advanced System Tweaker mungkin tidak hanya tweaking tetapi cocok digunakan untuk memperbaiki jika ada masalah dengan window itu sendiri. Dan salah satu yang unik adalah disediakannya perintah command prompt/edit manual registry bagi sebagian besar tweaking yang digunakan. Download dan informasi selengkapnya kunjungi Advanced System Tweaker

Mz Ultimate Tools

Software buatan Michael Zacharies (sehingga dinamakan MZ) mempunyai berbagai fitur tweaking yang cukup banyak, sebanding dengan RegToy atau TweakNow. Program ini tersedia untuk Windows XP, Vista dan WIndows 7 dan masing-masing merupakan aplikasi yang terpisah. Sehingga pastikan download sesuai dengan windoes kita gunakan. Mempunyai berbagai fitur seperti peningkatan performa, tweak tampilan windows, security, memory, jaringan, dan banyak lainnya.

Software ini terakhir di update Desember 2010, dan sayangnya belum ada update lagi sampai saat ini. Download dan informasi selengkapnya bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang Mz Ultimate Tools.
Mungkin masih banyak lagi software tweaking windows yang lainnya, karena sebagian tergabung dalam program lainnya yang lebih besar, semisal Glary Utilities, Advanced System Care dan sebagainya. Tetapi koleksi diatas mungkin sudah cukup bagi sebagian kita yang ingin mengutak-atik setting windows tanpa harus repot berurusan langsung dengan registry.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India